one click away

Kamis, 11 Oktober 2012

Membuat Aplikasi Absensi dengan VB

Siapa yang enggak tahu sih tentang absensi ?, sekolah bahkan perusahan tak terlepas dari yang anamanya absensi ini , kalau biasanya absensi hanya menggunakan secarik kertas tapi kali ini kita coba aplikasikan dengan program komputer , ya …biar lebih keren lah,,,,he….he… .

Sebenernya Aplikasi ini bisa dibuat menggunakan banyak program
misalnya Accses, Foxfro, Mysql, SQl ,VB, C++, bahkan MS.Excel.,.

Kalau pake Acses bukan kurang bagus Cuma sedikit kurang apdol sebab program ini enggak bisa standlone (berdiri sendiri) so kalau komputer kita enggak punya program accses maka program aplikasi enggak bisa jalan , makanya saya mau coba buat pake program Vb, kali ini sya menggukan Vb 6.0.
Letsgo kita mulai…


Dalam palikasi ini kita membutuhkan beberapa Form (tampilan ).


1. Form Input Data Yang akan diabsesn


2. Form Absesni


3. Dan hasil Absensi


Dalam Form input kita membutuhkan beberapa data masukan seperti : No., Nama, Bagian/kelas, tanggal/jam, jenis kelamin .


Data masukan tersebut hanya seabagai contoh , tentunya Anda bisa juga menambahkan yang lainnya sesuai dengan kebutuhan anda . nih dia gambar form input data .





Sederhana bukan…..?.


Pada bagian form ini ada bebrapa tool untuk mengolah data ada Datasiswa , Save data, Delete (hapus) data, .


Cara form ini adalah ketika kita memasukan data kemudian di klik Save maka data akan tersimpan ke Dalam data Base untuk menyimpan data , untuk menghubugkan ke DataBase kita gunakan jembatan Yaitu tool DataGrid (data siswa).


Jadi yang perlu anda lakukan adalah membuat database sebagai tempat menyimpan data tersebut , caranya cukup mudah .


Pada menu bar Visual basik Pilih menu AddIns-Visula data Manager, sampai muncul jendela berikut:





Dan lakukan seperti pada gambar , coba buat data base dengan Acsess versi 7.0 kemudian simpan dalam folder yang sama dengan project Aplikasi yang kita buat.


Misal E://Rahmat/AplikasiAbsesi. Langkah selanjutnya kita masukan beberapa fields dalam database tersebut.





Disinilah kita akan memasukan data fieldsnya , gamar diatas hnaya contoh aja, pada database ini .tentunya untuk membuat Rcordnya tidaklah terlalu susah, anda cukup Klik Add Fields, sampai muncul Jendela baru,





Masukan nama record yang akan kita gunakan tentukan type , sesuai dengan data yang akan kita masukan sialahkan pilih pada bagian type.jika data yang kita masukan sudah pas sesuai dengan kebutuhan , kemudian klik Add index (Field Kunci/primary key) diharapakan sama dengan nama fields yang anda buat. Kalau hal ini sudah lakukan anda tinggal Klik Build The Table (jika data untuk absensi sekolah baiknya gunakan kelas sebagai primary key dan unique jangan dicheklist biar bisa di duplicate dan field no boleh dihilangkan), menunjukan bahawa tabel ini yakin akan kita buat .


Untuk melihat berhasil atau tidaknya data base yang kita buat , tutp Program vb Kita kemudian kita coba buaka database yang baru aja kita buat caranya sama seperti waktu kita membuat database AddIns-Visula data Manager-muncul jendela-klik Open database – Cari database yang baru aja kita buat





Nah itulah hasilnya , kebetulan saya sudah mengisi data-nya , anda cukup klik kanan pada salah satu table kemudian klik Open .


Ok sekarang kita kembali Ke Form Input data.,seperti yang telah di jelaskan pada bagian ini kita akan memasukan data kedalam database yang terdiri dari No, Nip/nis/Nim, Nama, Jenis kelamin, Tanggal , Kelas/bagian saja .Sementara Alpa, izin, sakit,masuk dan total kita masukan pada form interface Input absensi yang nanti akan kita buat. Dengan menggunakan data base yang telah kita buat . Sebelumnya kita keluarkan dulu tool-tool yang kita butuhkan dalam membuat aplikasi ini ,pada toolbox -klik kanan -lalu pada tab Control pilih komponen berikut ini:


1. Microsoft Data Grid Control 6.0


2. Microsoft FlexGrid Control 6.0


Cukup memberi tanda checklist kemudian klik Apply sampai muncul pada Toolbox component seperti gambar berikut ini:





Pada bagian sebelah kiri ada beberapa Icon , dan icon-icon itulah yang akan kita gunakan dalam membuat aplikasi ini.


Selanjutnya kita desain Form terlebih dahulu cara nya gampang untk membuat Form baru anda cukup mengklik Menu Project -Add From -Open sampai muncul form seperti gambar berikut ini:





Pada form ini terlihat nama form dengan nama Form 3 , tentunya kita bisa menggantinya sesuai kehendak kita misal Aplikasi Absensi , caranya Pada Menu View -klik Properties Windows hingga muncul gambar:





Pada bagian alphabetic -caption , kita bisa mengganti Form3 menjadi nama yang lain sedangkan pada bagian (name ) boleh diganti /tidak , karena akan berpengaruh pada saat memasukan script sebaiknya kita biarkan aja , kecuali program yang akan kita sangat Kompleks kita bisa menggantinya untuk membedakan form-from tersebut.


Go nex t (bukan goblok nakat ya!… but is terus…..,…….he….he…J, sekarang kita Buat fields interface menggunakan Label dan text, label sebagai penanda, dan text sebagai tempat menuliskan data input caranya cukup mudah , kita cukup mengklik icon label dengan tanda huruf A:





Kemudain klik diarea form tahan untuk menentukan ukurannya , kemudian beri nama baru pada bagian caption dengan nama yang lain :


Kemudian untuk text sama seperti pembutan label klik icon textbox-kemudian drag diarea form3, selanjutnya pada bagian name anda boleh mengganti /biarkan saja , kira hasilnya seperti berikut:





Ulangi langkah diatas sesuai dengan banyaknya fields yang kita buat, jika sudah selanjutnya kita akan membuat jembatan DataBase , yaitu menggunkan DataGrid caranya sama saja seperti membuat label dan text hanya saja kita perlu sedikit memodifikasinya di bagian Properties Windows ,letsgo bro….!





Perhatikan gambar diatas!, disitu ada Data1 dan inilah yang akan kita gunakan sebagai jembatan Koneksi Ke database kita, Pada bagian Properties windows di bagian DatabaseName , masukan nama Database yang sebelumnya kita buat, diamana akan diminta memasukan Path lokasi tempat kita menyimpan Data tersebut, selanjutya pada bagian Recordsource di properties windows , anda pilih nama tabel yang ada dalam database yang pernah kita buat, misalnya saya memiliki tabel2 dengan nama DataBase tabel1 , kemudian pada Reecordset Type ganti 1-Dynashet menjadi 0-table .


Selanjutnya kita buat command Button sebagai intruksi Perintah terhadap suatu data , kita buat saja sebanyak Dua buah commad , caranya sama sewaktu kita membuat label ,text, dan DataGrid, pada bagian Caption di Proerties windows ganti namanya, umtuk Command 1=Save New Data dan Command2 =Delete/Hapus.,


Selanjutnya klik Icon jam kemudian letakan di From3 pada properties windows di bagianInterval masukan angka 10


secara keseluruhan Form input data akan kira -kira seperti ini :





Giamana bisa kan?, oh ya untuk warna silahkan aja klik-klik di bagian Properties windows mungkin lain kali saya jealaskan …..he….he….


Selanjutnya kita masukan script yang akan menjalankan instruksi untuk menyimpan Fields-fields kedalam database sewaktu kit mengklik Save New Data,


Adapun caranya , pada bagian Save New Data -klik Kanan-View Code atau Double Klik padaCommand1= Save New Data





Selanjutnya masukan Script berikut ini diantara Private Sub Command1_Click() Dan End Sub, Perlu di perhatikan command1 bisa beruBah jika anda mengubahnya dengan nama lain pada bagian Properties Windows di bagian Name , misalnya Save maka ktika di lihat di double Klik maka yang tampil bukan Command1 melainkan Save.


Oke ini dia scrip yang harus anda masukan pada bagian ini:


————————————————————————————————————


If Text2.Text = “” And Text7.Text = “” Then


x = MsgBox(“Mohon Isi Data Dengan benar!”, vbOKOnly + vbCritical, “Warning!”)


If x = vbOK Then


End If


Else


x = MsgBox(“Anda yakin Ingin Menyimpan Data ini?”, vbYesNo + vbInformation, “Information”)


If x = vbYes Then


Data1.Recordset.AddNew


Data1.Recordset!no = Text1.Text


Data1.Recordset!nip = Text2.Text


Data1.Recordset!nama = Text3.Text


Data1.Recordset!jk = Text7.Text


Data1.Recordset!tgl = Text4.Text


Data1.Recordset!bagian = Text8.Text


Data1.Recordset!masuk = “”


Data1.Recordset!sakit = “”


Data1.Recordset!izin = “”


Data1.Recordset!alpa = “”


Data1.Recordset!total = “”


Data1.Recordset.Update


Data1.Recordset.MoveLast


Else


bersih


End If


End If


Bersih


—————————————————————–


mungkin sedikit ada pertanyaan koq banyak banget ya scriptnya ?, sebenernya script yang pokonya hanya pada bagian yang warna biru , sedangkan warna hijau hanya modifikasi saya aja .


fungsi IF ini memerintahkan agar si user tidak sembarang mengklik , ketika si user mengklik save New data dalam keadaan Tidak mengisi fields-fieldsnya maka akan keluar Informasi “Mohon Isi data dengan Benar”. Tapi jika Nip dan jenis kelamin di isi maka Data akan disimpan di data Base.


Selanjutnya ada :


Data1.Recordset!no = Text1.Text


Data1.Recordset!nip = Text2.Text


Data1.Recordset!nama = Text3.Text


Data1.Recordset!jk = Text7.Text


Data1.Recordset!tgl = Text4.Text


Data1.Recordset!bagian = Text8.Text


Sementara records alpa dan seterusnya saya biarkan kosong ?, pada Tabel1 dalam data base yang kita buat fileds yang kita buat tidak hanya , no,nip,nama, jenis kelamin, tgl dan bagian tapi alpa, izin, sakit, masuk, sementara pada form input hanya menampilkanno,nip,nama, jenis kelamin, tgl, jika hanya ini saja yang akan kita masukan ke database maka akan terjadi error karena tidak dikenal tabel dengan records seperti itu, makanya tetap saya isi tapi isi data tetap dalam keadan kosong, gitu dech cerintanya…


Lanjut , sakarang Double Klik Command2=delete/hapus kemudian masukan script ini:


Private Sub Command2_Click()


If Text10.Text = “” Then


info


Else


info2


End If


End Sub


Untuk script delete sedikit ya?, he….he…J, sebenernya lumayan juga cuama saya simpan dalam bentuk variable (procedure), tapi boleh kok di buat langsung !, .scrip info kayak gini:


Private Sub info()


x = MsgBox(“Tidak Ada Object Untuk di Hapus”, vbOKOnly + vbCritical, “Warning!”)


If x = vbOK Then


End If


End Sub


———————————————————–


Untuk info2 :


————————————————————————————————————


Private Sub info2()


x = MsgBox(“Anda Yakin Untuk Menghapus data Ini?”, vbYesNo + vbInformation, “Informasi”)


If x = vbYes Then


If Data1.Recordset(“nip”) = Text10.Text Then


Data1.Recordset.Delete


Data1.UpdateRecord


Else


Data1.Recordset.Cancel


End If


Else


Text10.SetFocus


End If


End Sub


Kemudian hal yang terpenting adalah Menampilkan Tanggal atau jam ketika Form Ini sedang Di Runing,(dijalankan), tanggal sifatnya Update sesuai dengan jam di system komputer sekarang Doubleklik Icon Jam Yang ada di Form3 kemudian masukan script berikut:


————————————————————————————————————


Private Sub Timer1_Timer()


Text4.Text = Format(Date, “dd/mm/yyyy”)


End Sub


—————————————————————–


Mungkin sampai disini udah pada ngerti kan?, untuk melangkah ke sesi lainya yaitu membuat form input Absensi , kita coba di bagian ke II ya?,………..


Untuk lebih jelasnya kira-kira script keseluruhannya adalah Sbb:


————————————————————————————————————


Private Sub Command1_Click()


If Text2.Text = “” And Text7.Text = “” Then


x = MsgBox(“Mohon Isi Data Dengan benar!”, vbOKOnly + vbCritical, “Warning!”)


If x = vbOK Then


End If


Else


x = MsgBox(“Anda yakin Ingin Menyimpan Data ini?”, vbYesNo + vbInformation, “Information”)


If x = vbYes Then


Data1.Recordset.AddNew


Data1.Recordset!no = Text1.Text


Data1.Recordset!nip = Text2.Text


Data1.Recordset!nama = Text3.Text


Data1.Recordset!jk = Text7.Text


Data1.Recordset!tgl = Text4.Text


Data1.Recordset!bagian = Text8.Text


Data1.Recordset!masuk = “”


Data1.Recordset!sakit = “”


Data1.Recordset!izin = “”


Data1.Recordset!alpa = “”


Data1.Recordset!total = “”


Data1.Recordset.Update


Data1.Recordset.MoveLast


Else


bersih


End If


End If


bersih


End Sub


Private Sub bersih()


Text1.SetFocus


Text1.Text = “Isi Data!”


Text2.Text = “”


Text3.Text = “”


Text7.Text = “”


Text8.Text = “”


End Sub


Private Sub Command2_Click()


If Text10.Text = “” Then


info


Else


info2


End If


End Sub


Private Sub Form_Load()


Text2.Text = “”


Text3.Text = “”


Text3.Text = “”


Text4.Text = “”


Text1.Text = “silahkan Isi Data!”


Text7.Text = “”


Text8.Text = “”


End Sub


Private Sub Text1_KeyPress(KeyAscii As Integer)


If KeyAscii = 13 Then


Text2.SetFocus


End If


End Sub


Private Sub Text2_KeyPress(KeyAscii As Integer)


If KeyAscii = 13 Then


Text3.SetFocus


End If


End Sub


Private Sub Text3_KeyPress(KeyAscii As Integer)


If KeyAscii = 13 Then


Text7.SetFocus


End If


End Sub


Private Sub Text7_KeyPress(KeyAscii As Integer)


If KeyAscii = 13 Then


Text8.SetFocus


End If


End Sub


Private Sub Text8_KeyPress(KeyAscii As Integer)


If KeyAscii = 13 Then


Command1.SetFocus


End If


End Sub


Private Sub Timer1_Timer()


Text4.Text = Format(Date, “dd/mm/yyyy”)


End Sub


Private Sub info()


x = MsgBox(“Tidak Ada Object Untuk di Hapus”, vbOKOnly + vbCritical, “Warning!”)


If x = vbOK Then


End If


End Sub


Private Sub info2()


x = MsgBox(“Anda Yakin Untuk Menhapus data Ini?”, vbYesNo + vbInformation, “Informasi”)


If x = vbYes Then


If Data1.Recordset(“nip”) = Text10.Text Then


Data1.Recordset.Delete


Data1.UpdateRecord


Else


Data1.Recordset.Cancel


End If


Else


Text10.SetFocus


End If


End Sub


Sekarang kita jalankan Form yang telah kita buat caranya kllik aja Run – Start untuk menghentikan tinggal Klik Run -Stop kira kira hasilnya kayak gini nih:





Saya coba tanpa mengisi data apapun begitu saya klik SAVE NEW DATA, Maka muncul Peringatan . “JYuhuy……..berhasil euy,” kira -kira seperti itu loh Mas….he…..he…..







Yups ..sekarang kita tentunkan skanario dari form yang kita sebuat sebagai interface input absensi , pada form ini kita akan melakukan absensi pada tanggal hari ini ( Updating) sesuai jam di system computer, Pada pembahasan sebelumya kita sudah membuat record, No, Nip/nis/Nim, Nama, Jenis kelamin, kelas/bagian,Tanggal , alpa, izin, masuk, sakit serta total .
Dalam form Proses absesnsi dimana kelas /bagian akan kita buat sebagai locked (pengunci) kenapa ya?, ketiak saya ingin mengabsen kelas XI-A , maka , database hanya akan menampilkan data yang ada pada kelas XI-A saja smentara yang lain dihiden dulu . So, kita butuh script SQL untuk menjlankan perintah ini , BTW dalam membuat laporan pun nantinya kita perlu Dengan SQL Pastinya hal ini untuk mengelompokan data tersebut berdasarkan kelas, tentunya saya tidak membahas banyak tentang SQL , tapi pembahasan lain insya Allah saya kasih tahu bgaimana penggunaan SQl pada VB 6.0 ditunggu aja ya?.
Ok tugas kita adalah mendesaign Form seperti ini nih:



Nah buat formnya seperti ini form ini belum saya running jika sudah di running, maka hasilnya:



Pada bagian form ini kita perlu beberapa komponen
DataGrid (sebagai jembatan)
Dbgrid (Sebagai penampil hasil), seperti pada gamabar kedua tersebut jika anda melihat ada DataGrid yang lain anda tidak perlu membuatnya anda hanya perlu satu DataGrid Saja OK!,.
DataGrid 1 pada bagian properties ubah menjadi :
Name=Data1
Caption=(Terserah anda)
DataBaseName=Path tempat anda menyimpaan data basenya contoh : (D:\LTIHAN . VB\Absensi\tabel1.mdb).
Recordsource=Tabel yang dibuat oleh Data Input sebelumnya missal : Tabel2,
recordsetType=1-type DynaSet
Untuk DbGrid1 di bagian properties:
Name=DbGrid1
Caption=terserah anda
DataSource=Data1.
Type dynaset ini berpengaruh terhadap pengurutan fileds pada DbGrid, karena dengan properties ini field tidak diurut berdasrakan kunci, tapi jika menggunkan 0-Table, maka akan diurut berdasar Index.
Kemudain untuk nama=>text3 misalnya prpertiesnya:
DataSource=Data1
dataField=nama,
lajutkan dengan text=nip ,tex=tanggal, text=kelas ,pada frame sebelum absensi (text=alpa, text=izin ,text=sakit ,text=masuk ,text=total) lakukan sama halnya pada text3.
Makanya pada saat gambar dua di running alpa dll masih dalm keadan kosong karena memang belum saya isi.
Pada
option 1=>Alpa ubah Caption=Alpa
Option2=>Masuk ubah Caption=Masuk
Option3=>Izin ubah Caption=Izin
Option4=>Sakit ubah Caption=Sakit
Nah sekarang kita buat script di masing-masing Option untuk
Option1=>Alpa:
Private Sub Option1_Click()
If Option1.Value = True Then
Text11.Text = Text7.Text
Text12.Text = Text8.Text
Text14.Text = Text2.Text
Text10.Text = Val(Text6.Text) + 1
Else
Text10.Text = Val(Text6.Text) + 0
End If
Text13.SetFocus
Text13.Text = Val(Text10.Text) + Val(Text11.Text) + Val(Text12.Text) + Val(Text14.Text)
End Sub
Perlu di perhatikan saya tidak mengubah text -text yang saya buat memang sengaja tidak saya ubah, Karena inti dari sebuah program adalah hanya si programerlah yang tahu dari maksud kode yang dia buat..he…he…
Pada text11.text=text7.text, maksudnya ketika option1. diberikan titik maka text11.text akan disi oleh data yang ada pada text7.text.
Text11.text=>izin akan tetap berisi satu pada text7.text=>setelah basen , begitu pula pada saat option2 .value =true, maka text10.text=text6.text (seudah absent).
Untuk text10.text jika Option1.value=True maka text10.text(sebelum absent)=text6.text(sesudah absent) akan ditambah satu, sehingga menjadi=val(text6.text)+1, dan anda jangan berpikir jika data ini akan langsung disimpan tapi Cuma di input hanya saja kita menambahkan command button1=Save, dari pada pusing-pusing terusin scriptnya untuk
Option2=>Izin:
Private Sub Option2_Click()
If Option2.Value = True Then
Text11.Text = Val(Text7.Text) + 1
Text10.Text = Text6.Text
Text12.Text = Text8.Text
Text14.Text = Text2.Text
Else
Text11.Text = Val(Text7.Text) + 0
End If
Text13.SetFocus
Text13.Text = Val(Text11.Text) + Val(Text10.Text) + Val(Text12.Text) + Val(Text14.Text)
End Sub


Option3=>Sakit:
Private Sub Option3_Click()
If Option3.Value = True Then
Text12.Text = Val(Text8.Text) + 1
Text10.Text = Text6.Text
Text11.Text = Text7.Text
Text14.Text = Text2.Text
Else
Text12.Text = Val(Text8.Text) + 0
End If
Text13.SetFocus
Text13.Text = Val(Text12.Text) + Val(Text11.Text) + Val(Text10.Text) + Val(Text14.Text)
End Sub


Option4=>Masuk:
Private Sub Option4_Click()
If Option4.Value = True Then
Text10.Text = Text6.Text
Text11.Text = Text7.Text
Text12.Text = Text8.Text
Text14.Text = Val(Text2.Text) + 1
Else
Text14.Text = Val(Text2.Text) + 0
End If
Text13.SetFocus
Text13.Text = Val(Text11.Text) + Val(Text10.Text) + Val(Text12.Text) + Val(Text14.Text)
End Sub


Nah kalau anda melihat text13, itu bermaksud untuk mencari jumlah seluruh absensi baik sakit, izin,masuk dan alpa akan di jumlah menjadi satu. Sebenernya anda juga bisa membuat model seperti tanpa bantuan text sedudah absent tapi cukup mennggunkan database buffer yang sifatnya menyimpan dta smentara dan ketika di klik save maka Database akan dikosongkan kembali, nah metodhe ini saya terapkan pada koreksi soal , untuk yang ini silahkan coba dicari sendiri ya?…he…he.. .
Ok karena database kita bersifat global , dan aplikasi ini kita gunakan untuk absensi siswa , maka kita tidak mungkin mengabsen secara acak berdasar Nim siswa , dan biasanay mengabsen berdasarkan Kelas oleh karena itu kita perlu pengunci untuk mengunci, misalnya saya mau absent kelas XI-A maka data yang akan tampil hanya Kelas XI-A nah sekarang kita ketik pada command4=> Lock :


Private Sub Command4_Click()
Data1.RecordSource = “select*FROM tabel2 WHERE bagian LIKE ‘*” & Text1.Text & “*’”
Data1.Refresh
DBGrid1.Refresh
Text1.SetFocus
End Sub


Oke sakarang kita coba Run tapi sebelumnya kita klik-> Project-> ProjectProperties-> jika muncul jendela kayak gini tentukan mana dulu yang akan kita jalankan kayak gini nih,



Kalau udah klik Ok.
Nah sekarang ketikin XI-A kayak yang saya contohkan terus clik Lock.
Pada bagian Dbgrid1, ditampilkan hanya data kelas XI-A aja, nah sekarang silahkan klik Option1=>Alpa, dan perahtikan pada bagian frame sesudah absent jika muncul angka 1 pada bagian Alpa maka scrip telah berjalan dengan benar, selanjutnya apakah kita akan menyimpan hasil absensi tersebut ?, pasti dong yaiyalah kan emang itu yang kita maksud daripada pusing mendingan ketikin scripnya di command=>save:


Private Sub Command1_Click()
If Text16.Text = “” Or Text3.Text = “” Or Text5.Text = “” Then
MsgBox (“Absensi Telah Selesai / Tidak Ada Object Yang akan di Simpan”)
ElseIf Text16.Text = Data1.Recordset.Fields(“nip”) And Option1.Value = True Or Option2.Value = True Or Option3.Value = True Or Option4.Value = True Then
x=MsgBox (“Thank’s you “, vbOKOnly + vbInformation, “Aplication For Master”)
Data1.Recordset.Edit
Data1.Recordset.Fields(“alpa”) = Text10.Text
Data1.Recordset.Fields(“izin”) = Text11.Text
Data1.Recordset.Fields(“sakit”) = Text12.Text
Data1.Recordset.Fields(“masuk”) = Text14.Text
Data1.Recordset.Fields(“total”) = Text13.Text
Data1.Recordset.Fields(“tgl”) = Label16.Caption
Data1.Recordset.Update
Option1.Value = False
Option2.Value = False
Option3.Value = False
Option4.Value = False
DBGrid1.Refresh
Data1.Recordset.MoveNext
Else
Z = MsgBox(“Anda Belum Memilih Keterangan Absesnsi!”, vbOKOnly + vbInformation, “Informasi”)
End If
End Sub


Untuk mencegah kesalahan ,seperti menyimpan data kosong ,object yang diabsensi sudah salah,Tanpa memilih option, jika hal ini dilakukan maka program akan memeberikan peringatan seperti: “Absensi Telah Selesai / Tidak Ada Object Yang akan di Simpan” atau “Anda Belum Memilih Keterangan Absesnsi!” tapi jika data diisi dengan benar maka akan muncul pesan “Thanks You”, nah ternyata yang seperti ini jutru lebih penting dan ribet loh ,saya aja udah berakali me-Run supaya berjalan Normal, tapi tenang ada kemaun pasti ada jalan….setuju…he… .
Itulah scrip yang terpenting dalam proses ini tapi kalau penegen tahu semua scripnya boleh asal jangan muntah ya…he…ini dya jreng”:
Private Sub Command1_Click()
‘untuk menyimpan hasil absesnsi kedalam database
If Text16.Text = “” Or Text3.Text = “” Or Text5.Text = “” Then
MsgBox (“Absensi Telah Selesai Tidak Ada Object Yang akan di Simpan”)
ElseIf Text16.Text = Data1.Recordset.Fields(“nip”) And Option1.Value = True Or Option2.Value = True Or Option3.Value = True Or Option4.Value = True Then
X = MsgBox(“Thank’s you “, vbOKOnly + vbInformation, “Aplication For Master”)
Data1.Recordset.Edit
Data1.Recordset.Fields(“alpa”) = Text10.Text
Data1.Recordset.Fields(“izin”) = Text11.Text
Data1.Recordset.Fields(“sakit”) = Text12.Text
Data1.Recordset.Fields(“masuk”) = Text14.Text
Data1.Recordset.Fields(“total”) = Text13.Text
Data1.Recordset.Fields(“tgl”) = Label16.Caption
Data1.Recordset.Update
Option1.Value = False
Option2.Value = False
Option3.Value = False
Option4.Value = False
DBGrid1.Refresh
Data1.Recordset.MoveNext ‘setalah di save maka akan menuju record selanjutnya
Else
Z = MsgBox(“Anda Belum Memilih Keterangan Absesnsi!”, vbOKOnly + vbInformation, “Informasi”)
End If
End Sub


Private Sub Command2_Click()
‘hanya refresh doang
Data1.Refresh
Data3.Refresh
End Sub


Private Sub Command3_Click()
‘keluar dari form proses absensi
X = MsgBox(“Apa ada yakin untuk Mengakhiri Pengisian Absensi ini ? “, vbYesNo + vbQuestion, “Aplication For Master”)
If X = vbYes Then
subDepan.Show
Form_Input_absensi.Hide
Else
End If
End Sub


Private Sub Command4_Click()
‘menseleksi berdasarkan kelas
Data1.RecordSource = “select*FROM tabel2 WHERE bagian LIKE ‘*” & Text1.Text & “*’”
Data1.Refresh
DBGrid1.Refresh
Text1.SetFocus
End Sub
Private Sub Command5_Click()
‘ ini untuk find menu berdasarkan nip/nim/nis
Data1.Recordset.FindFirst “nip=’” & Text15.Text & “‘”
If Not Data1.Recordset.NoMatch Then
Text15.Text = “”
Text15.SetFocus
Else
X = Text15.Text
X = MsgBox(“Mohon Periksa kembali Data yang anda Cari!”, vbyesonly + vbinformasi, “Aplication For Master”)
Text15.SetFocus
End If
End Sub


Private Sub Form_Load()
‘Posisikan Form ini ketengah
Me.Move (Screen.Width – Me.Width) / 2, (Screen.Height – Me.Height) / 2
Text10.Text = “”
Text11.Text = “”
Text12.Text = “”
Text13.Text = “”
Text14.Text = “”
Text1.Text = “”
r = “Silahkan Input Nip/Nim/Nis!”
Text15.Text = r
End Sub


Private Sub Option1_Click()
‘jika di klik maka jumlah alpa akan bertambah satu
If Option1.Value = True Then
Text11.Text = Text7.Text
Text12.Text = Text8.Text
Text14.Text = Text2.Text
Text10.Text = Val(Text6.Text) + 1
Else
Text10.Text = Val(Text6.Text) + 0
End If
Text13.SetFocus
Text13.Text = Val(Text10.Text) + Val(Text11.Text) + Val(Text12.Text) + Val(Text14.Text)
End Sub


Private Sub Option2_Click()
‘jika diklik maka jumlah izin akan bertambah satu
If Option2.Value = True Then
Text11.Text = Val(Text7.Text) + 1
Text10.Text = Text6.Text
Text12.Text = Text8.Text
Text14.Text = Text2.Text
Else
Text11.Text = Val(Text7.Text) + 0
End If
Text13.SetFocus
Text13.Text = Val(Text11.Text) + Val(Text10.Text) + Val(Text12.Text) + Val(Text14.Text)
End Sub


Private Sub Option3_Click()
jika diklik maka jumlah sakit akan bertambah satu
If Option3.Value = True Then
Text12.Text = Val(Text8.Text) + 1
Text10.Text = Text6.Text
Text11.Text = Text7.Text
Text14.Text = Text2.Text
Else
Text12.Text = Val(Text8.Text) + 0
End If
Text13.SetFocus
Text13.Text = Val(Text12.Text) + Val(Text11.Text) + Val(Text10.Text) + Val(Text14.Text)
End Sub


Private Sub Option4_Click()
jika diklik maka jumlah izin akan bertambah satu
If Option4.Value = True Then
Text10.Text = Text6.Text
Text11.Text = Text7.Text
Text12.Text = Text8.Text
Text14.Text = Val(Text2.Text) + 1
Else
Text14.Text = Val(Text2.Text) + 0
End If
Text13.SetFocus
Text13.Text = Val(Text11.Text) + Val(Text10.Text) + Val(Text12.Text) + Val(Text14.Text)
End Sub


Private Sub Text1_KeyPress(KeyAscii As Integer)
‘ini hanya untuk di Enter supaya pidah ke field berikutnya
If KeyAscii = 13 Then
Command4.SetFocus
End If
End Sub


Private Sub Text15_KeyPress(KeyAscii As Integer)
If KeyAscii = 13 Then
Command5.SetFocus
End If
End Sub


Private Sub Timer1_Timer()
Label14.Caption = Format(Time, “hh:mm:ss:am/pm”)’cuma format jam doang
Label16.Caption = Format(Date, “dd/mmmm/yyyy”)
End Sub


Sekarang kita coba input absensi dan lihat hasilnya missal saya mw absent kelas XI-B,
Hasilnya udah langsung bisa dilihat , ketika saya klik option(keterangan) masuk maka pada frame sesudah absent bagian masuk= 1(bertambah satu yang mulanya Nol) dan jika kita memilih absen masuk lagi maka akan bertambah menjadi dua , dan tanggalnya bersifat update pada field pertama dengan nama Lina Marlina tertera tgl 11/02/2009, sedangkan yang lainya tgl 07/02/2009.jangan heran dan aneh kalau ada yang nanya diamana saya menyimpan tanggalnya seperti pada Input data?, Coba anda perhatikan di bagian kanan ats form disitu tertera hari ini tanggal: dan itulah yang saya masukan kedatabase …he……he.. ,
Oke dech kalau emang kurang jelas dan belum ngerti dari aplikasi yang saya buat ini , entar dech saya kasih aplikasi udah jadinya







Salah satu yang terpenting dalam membuat suatu Program adalah output program itu sendiri . ada report yang bersifat tampil dan adapula report yang bersifat cetak misalnya saja ingin membuat report dengan menampilkan field -field tertentu , Mungkin untuk Program Acses anda sudah tidak pusing-pusing lagi karena ada fasilitas Parameter dan filter .Tapi bagaimana data report Pada Vb ?, ya inilah persolaan yang akan kita bahas kali ini. Ternyata masih banyak orang yang belum tahu bahkan baru tahu misalnya saja saya,….he……he…….


Dalam sebuah program tentunya harus bersifat efiesien dan efektif , begitu pula dengan data report misalnya dari database transaksi kita hanya ingin melihat (mencetak ) data transaksi pada taggal tertentu dengan kode tertentu, maka pada tabel transaksi tersebut diperlukan sebuah parameter bukan ?,.


Yup kita mulai saj kali ya , tai sebelumnya kita buat dulu database misalnya saya punya database + Form yang udah jadi , maka saya tinggal membuat reportnya dengan cara padaAdd Data Enviorenment ,





Kalau muncul kotak kayak gini -klik kanan pilih properties-pada bagian -conection buat Command dengan nama ParameterTanggal connection.-klik OK.





Oh ya. Pada bagian DataEnvioronment ganti jadi=Dta_sql,


Terus pada connection=SQLkonection


Pada Command1=Parameter tanggal.





Pada bagian ini kita akan menhubungkan kedatabase kita, caranya Klik kanan pada SQlKonection-pilih Properties- setelah munculkotak dialog kaya diatas pilih Microsoft jet 4.0 OLE DB Provider, sebagai mesin penghubung, dan tentunya anda juga bisa menggunakan Sql mialnya asal database yang kita buat menggunkan SQL.


Sekarang klik Next- pada bagian Select Or to Enter a dtatabase name:, lkamu pilih database yang sudah kamu buat, dengan cara mengklik pada bagian:





Untuk mencoba apakah telah terkoneksi coba ada klik Test Connection, jika berhasil maka ada pesan yang menyatakan Bahwa telah berhasil terhubung.


Sekarang klik Ok Untuk menyetujuinya.


Selanjutnya kita pilih-ParameterTanggal-klik Kanan-pilih Properties-sampai muncul kotak dialog:





Pilih aja database Object :table,


Object Name: (Sesuaikan dengan table yang telah kita buat), sbenernya kita tidak akan menggunakan ini, hanya saja untuk mempermudah sewaktu kita membuat sytak sql-nya. Sekarang kita klik sqlStatement ,





Pilih parameter tanggal -klik kanan-build SQL terus masukan Sintaknya :





SELECT *


FROM data_hasil


WHERE pelajaran = ?



Pada sintak ini kita hanya mennggunakan satu parameter saja jika anda ingin mennggunkan lebih dari satu , maka cukup menmabahkan Penghubung AND kayak contoh ini nih:


SELECT *


FROM data_hasil


WHERE kelas = ? AND pelajaran = ?





Cukup mudah bukan , kalau udah kita simpan atau klik OK,


Selanjutnya kita buat laporannya pada data Envioronment klik kanan-terus pilih add data Report – beri nama=datareport2-selanjutnya klik pada bagian Properties -pada setingan Data source = Dta_sql, dan data membernya Parameter tanggal, kemudian desaign laporan yang anda inginkan , selanjutnya kita buat form untuk menginput data yang akan kita cetak. Saya akan kasih contoh Form yang saya buat pada kasus ini saya hanya ingin mencetak data_hasil berdasarkan kelas dan Pelajaran, mungkin kayak gini nih, oh ya mungkin anda sedikit bertanya-tanya, mengapa saya menjelaskan berbeda. Pada saat pembuatan conection dan command saya menjelaskan menngunkan kasus data transaksi tapi pada saat pembuatan datarepot saya gunakan kasus data Hasil ujian siswa.Maklum saya lagi males mesti design DataRepot yag baru sory ya , tapi tenang hasilnya pasti sama and yang pastinya kalau emang enggak mudeng Tanya aja ya… J.


Oke ini dia formnya:





Buat aja yang simple :


Kelas/bagian: Text3


Pelajaran: Text2 , untuk name biarkan =command1 aja biar gak ribet.


Klik dua kali pada bagian command 1.=cetak dan masukan listing berikut ini:



Private Sub command1_klik()


X=msgBox(“Apakah anda akan memcetak Hasil ini”, vbYesNO+VbQuestion,”Informasi”)


If x=vbYes then


Dim DE As Dt_sql


Set DE = New Dt_sql


DE.Command1 Text2.Text, Text3.Text


Text3.SetFocus


DataReport2.Show


Else


Exit sub


Text3.text=” “


Text2.text=” “


End If


End Sub


Kalau udah sekarang kita jalankan Form input yang telah kita buat , selanjutnya anda coba masukan kelas=”XI-A” dan Pelajaran =”Biologi” siswa, Klik Print dan pilih Yes untuk menyetujui nya



2 komentar:

  1. thx gan ilmunya...tapi upload dunk file jadinya..untuk bahan perbandingan dengan yg ane buat..

    BalasHapus
  2. Ada videonya gk om ??
    Kalo ada boleh monta linknya ?

    BalasHapus

Silahkan anda berikan komentar tapi sopan ya