one click away

Kamis, 04 Februari 2010

SERANGAN MODEL LAMA AKAN KEMBALI MERAJALELA

Tim penelitian dan respon keamanan IBM X-Force baru-baru ini mengumumkan tren keamanan terkini agar para pelanggan kelas enterprise dapat mempersiapkan diri di tahun 2010. Tim tersebut berhasil menyimpulkan beberapa prediksi menarik mengenai masalah keamanan yang akan dihadapi perusahaan-perusahaan, baik seputar model serangan apa saja yang akan menyerang, melalui apa mereka diserang, dan masih banyak lagi.

Para peneliti X-Force memperkirakan kembalinya serangan model lama di tahun 2010. Hal tersebut ditandai oleh semakin banyakan serangan worm secara besar-besaran. Trojan akan tetap menjadi ancaman utama bagi komunitas cyber. Beberapa tahun ini, serangan yang terjadi di dunia cyber memang bergeser banyak. Apabila di awal kemunculannya ancaman yang ada lebih ditujukkan untuk merusak komputer, ancaman yang ada sekarang lebih banyak untuk mencuri data sensitif. Data sensitif yang dimaksud di sini adalah data kartu kredit, no rekening, pin, dan sebagainya.

IBM juga meramalkan akan terjadi peningkatan serangan “denial-of-service” atau yang di kenal sebagai layanan serangan (attack services) yang berkembang karena maraknya kejahatan cyber terorganisir yang berbasis di AS maupun di negara lain.

Serangan Phising juga masih akan tetap merajalela di tahun 2010. Tim dari IBM memprediksi kalau ancaman Phising dari para penjahat cyber akan banyak terlihat melalui website jejaring sosial. Diperkirakan organisasi-organisasi kriminal akan meningkatkan frekuensi dan kecanggihan serangan mereka ke berbagai website jejaring sosial, terutama kepada individu-individu yang yang dianggap “penting” yang terdaftar di Facebook atau LinkedIn.

Bagaimana dengan keamanan sistem Komputasi Awan yang diprediksi akan semakin menjadi tren di tahun 2010 ini? IBM memprediksi kalau serangan pada sistem ini juga akan mulai mengancam. Sistem Komputasi Awan yang berasal dari sistem Virtualisasi akan menjadi sasaran empuk para penjahat cyber. Virtualisasi memang sudah lama hadir di pasar, sehingga para penjahat sudah semakin canggih dalam membuat ancaman untuk sistem ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berikan komentar tapi sopan ya