one click away

Kamis, 04 Februari 2010

Kenapa Facebook Mulai Berhemat?


Facebook berencana untuk menulis ulang PHP untuk mentransform kode PHP dynamic guna menambah performance di server web Facebook tanpa harus menambah hardware lagi. Teknisi situs Facebook telah meluncurkan HipHop, yang akan menjadikan kode PHP dynamic dengan C++ static, kemudian meng-compile-nya dengan menggunakan compiler GNU C++, yakni g++. Perubahan tersebut telah dibuat di komunitas Facebook di bawah lisensi PHP.

Sementara Facebook meluncurkan HipHop, namun sesungguhnya HipHop telah berjalan di ribuan server Facebook selama 6 bulan terakhir, dengan 90 persen dari setiap trafik situs tersebut kini berjalan di PHP yang sudah ditransformasikan. Facebook mengklaim bahwa HipHop tersebut akan mengurangi penggunaan CPU server tambahan hingga 50 persen, tergantung dengan transformasi PHP ke HipHop.
Sementara manager program Facebook, David Recordon, mengatakan bahwa transformasi PHP tersebut akan sekaligus menghemat cost perusahaan sehingga perusahaan dapat mengatur server yang ada, sambil menambah trafik layanannya. “Kami dapat membesarkan situs ini dengan bertambahnya user aktif dan page view dari hardware yang ada tanpa harus membeli server lagi.” tambah Recordon.(h_n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berikan komentar tapi sopan ya