one click away

Sabtu, 03 November 2012

Wah, Ada 290 Ribu Aplikasi Berbahaya di Google Play

Sebuah hasil penelitian terbaru dari Bit9, sebuah firma keamanan dunia online, cukup mengejutkan. Dari sekitar 400 ribu lebih aplikasi Android di Google Play yang mereka teliti, 290 ribu diantaranya termasuk aplikasi ‘berbahaya’ karena berpotensi bisa mengakses informasi personal pengguna. Hasil temuan ini tentu saja mengejutkan karena baru-baru ini Google mengumumkan bahwa perangkat Android mereka telah mengusai 75% pasar smartphone.




Lebih rinci lagi Bit9 menjelaskan, sebanyak 42% aplikasi ‘berbahaya’ tersebut bisa mengakses data lokasi GPS, 31% ‘mengawasi’ panggilan telepon, 26% mengakses data kontak & email, dan 9% lagi bahkan mampu menggunakanpermission untuk membebankan biaya kepada pengguna.

Tentu saja angka celah keamanan ini hanya ada di sebagian kecil dari ribuan aplikasi yang beredar di Google Play saat ini. Yang terpenting bagi kita adalah tetap waspada dan berhati-hati dalam mengunduh aplikasi. Cek permission apa saja yang dibutuhkan aplikasi tersebut sebelum kita mendownloadnya, hal ini berguna untuk mencegah data kita dimanfaatkan oleh pihak lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berikan komentar tapi sopan ya