one click away

Kamis, 07 Januari 2010

Cara Trace Troubleshooting

Gimana Kita Trace Trouble Shooting

1. Test ping dari komputer server smoothwall, coba ping ke ip indosat, pake byte size standar dulu. liat putus-putus gak kena timeout gak...kalo kena time out, masih bagus test ping gede-gedean pake byte size 10000 atau sampe 60000 kena timeuot. curigain vsat nya udah jelek instalasi nya.

2. kalau vsat nya problem bisa konektor nya bocor kena air, tracking nya gak pas, s/n nya turun, minta teknisi untuk cek vsat nya.

3. vsat nya bagus...apanya lagi...coba test ping lagi ke luar indosat, misal nya ke www.detik.com, ke www.yahoo.com atau site-site luar, bandingkan dengan site-site dalam misal nya kambing.vlsm.org, www.linux.or.id, kalau keluar lelet, ke dalem kenceng...itu masalah indosat nya uplink ke LN nya udah penuh.

4. hmm test ping bagus tuh ke luar dalem, mungkin aja ke dns nya yang jelek... coba bandingkan test ping pake nama dengan pake ip, kalau dns nya bagus, pasti sama bagus nya. kalau dns nya lelet ping pake nama suka lelet respons nya.

5. bisa juga pasang salah satu pc langsung ke vsat apakah kenceng ? kalau begitu ada apa-apa nya dengan server smoothwall nya

6. dari server bagus-bagus aja...gimana setting smoothwall nya, misalnya dns cache di smoothwall, setting proxy nya, setting IPtable, NAT, coba baca dokumen smoothwall bagaimana optimasi di optimasi lagi

7. dari server, dan server sehat-sehat aja...test LAN nya, coba copy data gede-gedean antar pc, dari server ke pc pake ftp, pake http...dari. kalau ada kabel yang jelek, atau ada yang rusak pasti bandwidth nya ngedrop normal nya antar PC bisa 10Mbyte/s rata-rata kena 6-7Mbyte/s. coba periksa kabel nya satu-satu, pasang satu-satu ke swicth nya. kabel yang salah pasang misalnya pair nya tidak benar, yang benar 1-2, 3-6, 4-5, 7-8.

8.terakhir periksa setiap komputer setting ip, dns, gateway, ethernet driver, firewall, antivirus apakah sudah benar dan tidak ada yang blok network.

cek network itu seperti ngurut rantai putus...bisa dari depan atau belakang, kalau ada beberapa orang coba koordinasi dari tengah cek ke depan dan belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berikan komentar tapi sopan ya